Artikel Terkait

Thursday, July 26, 2012

Mengapa dianjurkan Mengkonsumsi Kurma saat Berbuka Puasa

Mumpung momentnya masih bulan Romadhon setelah lama tidak bikin tulisan kali ini kami sajikan sedikit tulisan yang masih berhubungan dengan dunia kesehatan atau terapi. Berhubung momentnya Romadhon maka kali ini kami mengangkat isu tentang Anjuran mengkonsumsi buah kurma saat berbuka puasa.

Bagi sebagian orang terutama kaum Muslim tentu sudah Mahfum dengan Hadits yang menganjurkan berbuka puasa dengan Kurma seperti yang dilakukan Rosululloh SAW. Nah kali ini sedikit dibahas mengapa buah Kurma baik yang masak yang masih segar maupun yang sudah disimpan beberapa lama penting bagi kita saat berbuka.

Kurma mengandung Glukosa yang cukup. Seperti diketahui Glukosa adalah merupakan jenis Gula sederhana dan merupakan senyawa yang paling siap dan mudah untuk dicerna oleh tubuh dalam hal ini diserap oleh usus. Seperti diketahui bahwa setelah berpuasa sekitar 12 jam tubuh tanpa asupan makanan dari luar, memerlukan gula dalam bentuk paling sederhana yang siap dicerna oleh usus dan selanjutnya segera diubah menjadi energi melalui proses siklus Kreb dengan bantuan oksigen.

Kurma juga mengandung serat yang mencukupi yang relatif mudah dicerna oleh usus. Itulah sedikit alasan mengapa Rosululloh menganjurkan berbuka dengan Kurma , semoga bermanfaat!!!


No comments:

Post a Comment