Artikel Terkait

Thursday, February 16, 2012

Mengenal Meniran, Herba Multi Khasiat yang banyak diabaikan


Meniran (Phyllantus niruri L) mungkin sudah sering kita melihat wujudnya, tapi saya yakin banyak yang tidak tahu manfaatnya, bahkan cenderung mengabaikannya, bahkan yang lebih parah lagi dianggap sebagai tanaman atau rumput liar yang mengotori pekarangan rumah dan pengganggu pemandangan. Akhirnya yang sering terjadi herba tersebut malah dicabut dan dibuang begitu saja. Ya, tanaman/herba yang umumnya setinggi 10-60cm dari Famili Euphorbiaceae ini banyak tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 1000 m dpl biasanya ada di sela sela rerumputan pekarangan. Ciri fisiknya berdaun bulat telur memanjang, panjang sekitar 1,5 cm, lebar 7 mm, warna hijau cerah.

Herba ini rasanya sangat pahit, mengandung bahan Filantin dan hipofilantin yang berperan/berkhasiat melindungi sel hati dari zat toksik (racun) atau biasa disebut hepatoprotektor. Kegunaan/khasiat Meniran (Phyllantus niruri L) antara lain sebagai anti radang, pereda demam, peluruh air seni (diuretik), peluruh dahak, peluruh haid, membersihkan hati dan penambah nafsu makan. Berikut beberapa contoh kecil manfaat dan cara menggunakan Meniran (Phyllantus niruri L) sebagai obat herbal: 

1. Meniran sebagai obat Asam Urat (Gout). Satu sendok makan daun Meniran setelah dicuci bersih dicampur dengan 7 lembar daun kumis kucing (Orthosiphon spicatus), direbus dengan satu gelas air bersih dan dibiarkan hingga tinggal setengahnya, dinginkan kemudian siap di minum. Bisa ditambah madu untuk mengurangi rasa pahitnya.

2. Meniran untuk mengatasi Batu saluran kencing. Daun meniran sebanyak 30 gr dicampur dengan daun sendok dan tempuyung dengan jumlah yang sama (30 gr). Setelah dicuci bersih, rebus dengan 3 gelas air hingga menyisakan setengahnya. Biarkan dingin dan siap diminum 3 kali.

3. Meniran sebagai obat Hepatitis. Daun meniran sebanya 30 gr direbus dengan 3 gelas air sampai tinggal satu gelas. Dinginkan dan siap diminum. Cukup sekali sehari, selama satu minggu.

Yang perlu diperhatikan adalah alat tempat menggodok ramuan sedapat mungkin bukan terbuat dari logam, usahakan alat yang terbuat dari tanah (kwali/kendil)  atau dari panci berbahan kaca untuk menghin dari larutnya unsur logam ke dalam ramuan herbal Meniran ini.

Selamat mencoba dan membuktikan Dahsyatnya khasiat Meniran (Phyllantus niruri L)


No comments:

Post a Comment