Artikel Terkait

Monday, February 6, 2012

Tips Mengatasi Gangguan Tidur (Insomnia, Sleep Disorder) tanpa Obat

Mungkin sudah sering kita mendengar dari salah satu keluarga, teman atau kolega kita yang mengeluh mengalami susah tidur, atau bahkan kita juga pernah mengalami hambatan/masalah susah tidur tersebut. Biasanya penderita gangguan susah tidur (Insomnia, Sleep Disorder) mengalami masalah lanjutan berupa ketidak stabilan emosi. Penderita masalah susah tidur (Sleep Disorder) umumnya mengalami kekurangan baik dari segi kwalitas maupun kwantitas waktu tidur, sehingga mudah dan sering terbangun saat tidur (tidur tidak nyenyak).

Seperti telah kita ketahui semua bahwa tidur yang berkwalitas berpengaruh terhadap Quality of life seseorang. Untuk itu kali ini kami ingin membahas sedikit tentang masalah susah tidur ini (Sleep Disorder, Insomnia dll), yang jelas susah tidur yang akan kita bahas kali ini tidak karena memikirkan hutang dan sejenisnya he he he.

Biasanya penderita gangguan susah tidur sering mengambil jalan pintas dengan meminum obat tidur maupun obat obat penenang lainnya, ini juga biasa diberikan oleh dokter ketika kita memeriksakan diri (berobat) dengan keluhan susah tidur. Bila kebetulan anda atau keluarga anda mengalaminya, jangan buru buru mengkonsumsi obat tidur/penenang untuk sekedar mendapatkan tidur yang berkwalitas, bagaimanapun juga obat adalah racun, jadi mesti berhati hati, dalam jangka panjang obat penenang dapat berdampak negatif melemahkan sistem syaraf.

Berikut beberapa tips sederhana namun sangat powerfull untuk dicoba dalam mengatasi permasalahan gangguan tidur (Sleep Disorder) ini:

1. Mulailah dengan mempersiapkan tempat tidur baik ruangan maupun dipan (kasur) sesuai suasana nyaman menurut kriteria anda. Sebagai salah satu tempat yang memenuhi unsur privasi, anda berhak menentukan segala sesuatunya di ruang tidur anda, misal posisi kasur, warna cat tembok, tata lampu yang semuanya membuat nyaman dan betah ditempat tersebut.

2. Setelah memastikan segala sesuatunya dari sisi ruangan sudah beres, mulailah dengan berdoa sebelum tidur. Bagaimanapun juga doa memberi kekuatan kepada kita untuk menuju apa yang kita inginkan..

3. Afirmasi/ Yakinilah bahwa kita akan dengan mudah tertidur dan mendapatkan tidur nyenyak. Seringkali bahwa permasalahan susah tidur ini berawal dari ketakutan kita sendiri bahwa jangan jangan kita sulit untuk tidur, atau pikiran wah pasti akan susah tidur lagi nanti. Pikiran seperti demikian justru akan memicu gangguan tidur itu sendiri.

4. Mengkonsumsi Coklat atau minum Susu sebelum tidur. Sepertinya cara ini tidak berhubungan, namun perlu diketahui bahwa segelas Susu mampu memberikan asupan asam amino Triptofan yang memicu rasa kantuk, sedangkan Coklan mengandung zat yang bisa menimbulkan rasa senang dan gembira, sehingga kita berangkat tidur dalam suasana hati yang gembira, nyaman dan tenang.

5. Jika beberapa cara diatas belum memberikan hasil yang optimal, atau anda ingin mendapatkan hasil yang lebih, cobalah dengan cara melakukan bekam secara teratur setiap bulan, atau bisa juga denan melakukan terapi lintah (sedot lintah). Baik Terapi Bekam maupun Sedot lintah (terapi lintah) bermanfaat memperlancar aliran darah dalam tubuh untuk mengatasi gangguan susah tidur (sleep disorder, Insomnia) dan sejenisnya.

Jika anda merasa kesulitan untuk mendapatkan terapis Bekam maupun Terapi Lintah di Malang, Pasuruan, Kediri, Blitar, Madiun Ponorogo, Magetan dan sekitarnya silahkan menghubungi Dita Himawan Sucipto, 081317526565 

No comments:

Post a Comment