Artikel Terkait

Tuesday, September 20, 2011

Panduan Diet Bagi Penderita Penyakit Diabetes

Sebagaimana biasanya penderita penyakit diabetes khususnya Diabetes type II (Diabetes tidak tergantung Insulin/ Non Insulin Dependent Diabetic Melitus (NIDDM)) dianjurkan untuk mengatur pola makan, baik porsinya maupun jenis makanannya untuk mengontrol kadar gula darah penderita penyakit Diabetes tersebut.

Berikut beberapa panduan singkat Diet bagi Penderita Diabetes Melitus agar kadar gula darahnya senantiasa terkontrol:

1) Senantiasa memperbanyak konsumsi makanan berserat tinggi, baik roti berserat, kacang-kacangan, biji-bijian dll. Ini bukan hanya akan melancarkan pencernaan dan mengurangi susah buang air besar, tetapi makanan ini juga akan dicerna dan diubah menjadi gula darah secara bertahap, sehingga dapat menurunkan pelepasan glukosa/gula di dalam darah. Avoid being overweight. Make sure you eat a balanced, healthy diet based on suitable foods. If you do need to loose weight, see your doctor to formulate a diet that fits your needs.

2) Makan secara teratur diyakini dapat mengatur kadar gula di dalam darah. Tentunya harus disesuaikan dengan porsi yang dianjurkan (diperbolehkan).

3) Hindari kegemukan (berat badan berlebihan dari ukuran normal). Ini menurut riset bahwa kegemukan (overweight) berhubungan erat dengan resiko Diabetes.

4) Penderita Diabetes sangat dianjurkan untuk mengurangi konsumsi makanan/minuman yang mengandung pemanis gula, seperti permen, cokelat, minuman ringan (soft Drink) dll. Makanan dan minuman tersebut diatas dapat dengan mudah dan sangat cepat diubah menjadi gula, sehingga beresiko menaikkan kadar gula dalam darah.

5) Buah segar dan sayuran sangat baik bagi penderita Diabetes. Namun harus tetap hati-hati, sedapat mungkin batasi konsumsi buah seperti Nangka, Mangga, Pisang, Anggur mAnis. Gula yang terkandung di dalamnya dapat dengan mudah terserap dan meningkatkan kadar gula darah anda.

6) Jaga kecukupan protein dengan mengkonsumsi Ikan, Telur, Daging. Pastikan porsinya sesuai dengan kebutuhan gizi dengan berkonsultasi ke dokter/ahli gizi anda.

7) Kurangi makanan berlemak yang dapat meningkatkan faktor resiko penyakit jantung koroner bagi penderita diabetes.

8) Batasi konsumsi garam dan makanan yang diawetkan baik dengan garam maupun asap.

9) Sedapat mungkin hindari mengkonsumsi makanan/minuman beralkohol karena akan mengganggu metabolisme tubuh.

Itulah sedikit panduan Diet bagi penderita penyakit diabetes khususnya Diabetes type II (Diabetes tidak tergantung Insulin/ Non Insulin Dependent Diabetic Melitus (NIDDM))shareseriale online gratis

No comments:

Post a Comment